Guru SMA di Lebak Ikuti Pelatihan Google for Education

 

Selama 2 hari, ratusan guru SMA se-kabupaten Lebak mengikuti workshop Google for Education. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu-Kamis (3-4).

Trainier dalam kegiatan ini adalah Google Master Trainer yaitu Ai Wenny Purnama Putri yang juga merupakan Duta Rumah Belajar dan Dudi Wahyudi sangat mahir dalam berbagi ilmu dengan ratusan peserta yang merupakan guru di SMA se-kabupaten Lebak.

Materinya adalah pemanfaatan aplikasi Google untuk Pendidikan yang meliputi 9 titik (sering disebut begitu).

Banyak keunggulan aplikasi google untuk pendidikan ini. Misalnya penyimpanan google drive dengan kapasitas tidak terbatas, google meeting yang tidak terbatas pesertanya dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding akun biasa.

Dalam sambutannya, kepala cabang dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Dr. H. A. Sirojudin, S.Pd.I, M.Pd mengharapkan transformasi digital guru di kabupaten Lebak semakin meningkat. 

"Semoga guru milenial atau pun guru kolotnial melek teknologi sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini,'

Dilanjutkannya, "Saya memiliki impian dan ini menjadi tagline kita yaitu Lebak untuk Indonesia,"



Sementara itu, kepala pengawas SMA Kabupaten Lebak, Dr. Eko Supraptono M.Si. menanggapi workshop ini dengan sangat bagus. "Proses interaktif pemateri dan peserta sangat bagus, respon guru atas pelatihan ini sangat menggembirakan,"

"Harus dirawat, karena ilmunya tidak mudah, jangan sampai habis pelatihan jadi lupa. "Kalau ada kebaruan ilmu dan informasi, guru jangan segan-segan untuk diseminasikan," ujarnya.


Peserta mengaku mendapat banyak hal dari pelatihan ini. Seperti pengelolaan email agar lebih rapi, penggunaan google voice note agar bisa menulis tanpa mengetik, atau penggunaan google kalender sebagai pengingat kegiatan.

Aplikasi google dikupas tuntas, meskipun seakan dikejar waktu. Sebab banyak fitur yang memang harus dipelajari dengan saksama. 


Post a Comment

2 Comments