Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kurikulum SMA Terpadu Al Qudwah

 


Kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1      Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia .                    

Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Melalui penguatan pendidikan karakter dan pengembangan budaya Islam yang dikembangkan di SMA Terpadu Al-Qudwah dan memungkinkan untuk diintegrasikan pada semua mata pelajaran akan dapat menunjang peningkatan iman, takwa serta akhlak mulia.

2      Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.                     

Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk dapat berkembang secara optimal. Melalui kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik terintegrasi secara kolaboratif melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra SMA Terpadu Al-Qudwah  menyusun kurikulum dengan memperhatikan potensi, tingkat perkembangan, minat, kecerdasan intelektual, emosional dan sosial, spritual, dan kinestetik peserta didik.

3      Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan.   

Daerah memiliki potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman hidup sehari-hari. Oleh karena itu, kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah.

4      Tuntutan pembangunan daerah dan nasional                             

 Dalam era otonomi dan desentralisasi untuk mewujudkan pendidikan yang otonom dan demokratis perlu memperhatikan keragaman dan mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengedepankan wawasan nasional.  Selain itu untuk membekali peserta didik dengan kompetensi yang dibutuhkan sesuai pada jamannya dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kondisi darurat maka keduanya harus ditampung secara berimbang dan saling mengisi.

5      Tuntutan dunia kerja                                                                                                    Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SMA Terpadu Al-Qudwah mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah memuat kecakapan hidup yang  membekali peserta didik untuk dapat memasuki dunia kerja.

6      Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni  ( IPTEKS)                      Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan di mana IPTEKS sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan sebagaimana halnya tuntutan revolusi industri 4.0 serta menyikapi kondisi darurat saat ini maka  pendidikan di SMA Terpadu Al-Qudwah terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEKS sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan dan kondisi zaman.

7      Agama                                                                                                                                      Kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah dikembangkan untuk mendukung peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia dengan tetap memelihara toleransi dan kerukunan umat beragama. Oleh karena itu, muatan kurikulum semua mata pelajaran ikut mendukung peningkatan iman, taqwa dan akhlak mulia. Pelaksanaan diintegrasikan pada semua mata pelajaran.

8      Dinamika perkembangan global

Pendidikan harus menciptakan kemandirian, baik pada individu maupun bangsa, yang sangat penting dalam dinamika perkembangan global dimana pasar bebas sangat berpengaruh pada semua aspek kehidupan semua bangsa. Pergaulan antar bangsa yang semakin dekat memerlukan individu yang mandiri dan mampu bersaing serta mempunyai kemampuan untuk hidup berdampingan dengan suku dan bangsa lain. Melalui kegiatan dan pembiasaan serta budaya belajar yang dikembangkan di SMA Terpadu Al-Qudwah akan dapat membekali peserta didik mengikuti dinamika perkembangan global.

9      Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan                                                                        Pendidikan diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI. Kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah dapat mendorong berkembangnya wawasan dan sikap kebangsaan serta persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI. Muatan kekhasan daerah harus dilakukan secara proporsional. Hal itu dapat dibangun  melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti kepramukaan, PMR, Paskibra dan lainnya. 

10   Kondisi social budaya masyarakat setempat                                                                   Kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang pelestarian keragaman budaya. Penghayatan dan apresiasi pada budaya setempat harus terlebih dahulu ditumbuhkan sebelum mempelajari budaya dari daerah dan bangsa lain.

11   Kesetaraan Jender                                                                              

Kurikulum SMA Terpadu Al-Qudwah diarahkan kepada terciptanya pendidikan yang berkeadilan dan mendukung upaya kesetaraan jender.

12   Karakteristik satuan pendidikan

 Kurikulum harus dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas sekolah.

Post a Comment for "Kurikulum SMA Terpadu Al Qudwah"